Bismillah was shalatu was salamu โala Rasulillah, wa
baโdu,
Salah satu diantara cara Allah untuk meyakinkan umat
manusia tentang kebenaran para nabi yang Dia utus, Allah berikan bekal kepada
mereka berupa mukjizat.
Sebelum Allah memerintahkan Musa untuk menghadapi
Firโaun, Allah bekali beliau dengan mukjizat. Ketika Allah berbicara dengan
Musa di bukit Tursina, Allah tunjukkan kepada Musa berbagai mukjizat yang dia
miliki, mulai dari tongkat yang berubah menjadi ular, tangan yang bisa
mengeluarkan cahaya putih, dst.
Kemudian Allah berfirman,
ููู ุชูุณูุนู ุขูููุงุชู ุฅูููู
ููุฑูุนููููู ููููููู
ููู ุฅููููููู
ู ููุงูููุง ููููู
ูุง
ููุงุณูููููู
โ(dua mukjizat ini) termasuk sembilan mukjizat yang akan
ditunjukkan kepada Firโaun dan kaumnya. Sesungguhnya mereka adalah kaum yang
fasik.โ (QS. an-Naml: 12).
Demikian pula Nabi Muhammad shallallahu โalaihi wa
sallam. Allah memberi bekal kepada beliau berbagai macam mukjizat untuk
membuktikan kebenaran beliau. Diantaranya, al-Quran yang bisa meluluhkan hati
orang musyrik yang mendengarnya, peristiwa Israโ Miโraj, terbelahnya bulan,
keluarnya air dari jari-jari beliau, terdengarnya suara tasbih dari makanan,
batu memberi salam kepada beliau, terdengarnya suara rintihan batang kurma yang
merindukan beliau, termasuk kebenaran berita masa depan yang beliau sampaikan.
Para ulama membukukannya dalam kitab Dalail an-Nubuwah.
Salah satu diantara mukjizat beliau adalah keindahan
akhlak beliau. Ketinggian budi pekerti dan akhlak beliau, yang hampir tidak
mungkin bisa dilakukan manusia biasa, selain orang yang derajat taqwanya sangat
tinggi.
Seperti diantaranya, tidak mencela dan mengomentari
makanan.
Sahabat Abu Hurairah radhiallahu โanhu menceritakan,
ู
ูุง ุนูุงุจู ุงููููุจูููู ุตููููู
ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ุทูุนูุงู
ูุง
ููุทูู ุฅููู ุงุดูุชูููุงูู ุฃููููููู
ููุฅููุงูู ุชูุฑููููู
โNabi shallallahu โalaihi wa sallam tidak pernah mencela
makanan sama sekali. Jika beliau selera maka beliau memakannya, dan jika tidak
selera maka beliau tinggalkan.โ (HR. Ahmad 9755, Bukhari 3563 dan Muslim 5504).
Jangan anda berfikir, mencela makanan hanya terkait
penilaian enak, tidak enak, menjijikkan atau komentar miring lainnya. Ternyata
lebih dari itu. Sebatas menyebut asin, kurang asin, kemanisan, kecut, โฆ yang
itu umum dilakukan di masyarakat kita, ternyata masuk dalam cakuan hadis di
atas.
Imam an-Nawawi rahimahullah menjelaskan hadis ini,
ููุฐูุง
ู
ููู ุขุฏูุงุจู ุงูุทููุนูุงู
ู ุงููู
ูุชูุฃููููุฏูุฉู
ููุนูููุจู ุงูุทูุนูุงู
ู ูููููููููู : ู
ูุงููุญูุ
ูููููููู ุงููู
ูููุญูุ ุญูุงู
ูุถูุ ุฑูููููููุ ุบูููููุธูุ
ุบูููุฑู ููุงุถูุฌูุ ููููุญููู ุฐููููู
โHal ini (tidak mencela makanan) termasuk adab makan yang
ditekankan. Dan mencela makanan yaitu seperti ia berkata, โIni keasinanโ,
โKurang asinโ, โKecutโ, โTerlalu lembutโ, โMasih kasarโ, โBelum masakโ, dan
yang semisalnya.โ (al-Minhaaj Syarh Shahih Muslim, 14/26).
Yang lebih mengherankan, sampaipun dalam kondisi yang
secara normal umumnya manusia mengomentari makanan, namun Nabi shallallahu
โalaihi wa sallam tetap istiqamah tidak mengomentarinya.
Kita bisa lihat untuk kejadian beliau disuguhi daging
dhab.
Ibnu Abbas radhiyallahu โanhuma mendapat informasi dari
Khalid bin Walid radhiyallahu โanhu,
ุฃูููููู
ุฏูุฎููู ู
ูุนู ุฑูุณูููู ุงูููููู
ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู
ุนูููู ู
ูููู
ููููุฉู ูููููู ุฎูุงููุชููู ููุฎูุงููุฉู
ุงุจููู ุนูุจููุงุณู ููููุฌูุฏู ุนูููุฏูููุง
ุถูุจููุง ู
ูุญููููุฐูุง ููููุฏููู
ูุชู ุงูุถููุจูู ููุฑูุณูููู ุงูููููู
ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู
ููุฑูููุนู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู
ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููุฏููู
ุนููู ุงูุถููุจูู ููููุงูู ุฎูุงููุฏู:
ุฃูุญูุฑูุงู
ู ุงูุถููุจูู ููุง ุฑูุณูููู
ุงููููููุ ููุงูู: ยซููุง ูููููููู
ููู
ู ูููููู ุจูุฃูุฑูุถู ููููู
ูู
ููุฃูุฌูุฏูููู ุฃูุนูุงููููยป ููุงูู ุฎูุงููุฏู: ููุงุฌูุชูุฑูุฑูุชููู
ููุฃูููููุชููู ููุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู
ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููููุธูุฑู
ุฅููููู
Bahwasanya Khalid pernah bersama Nabi shallallahu โalaihi
wa sallam menemui Maimunah (istri Nabi) dan Maimunah adalah bibiknya Kholid dan
juga bibiknya Ibnu Abbas.
Ketika itu, di rumah Maimunah ada daging dhob (kadal
gurun) yang dipanggang. Lalu Dhob itupun dihidangkan kepada Nabi shallalahu
โalaihi wasallam.
Namun Nabi shallallahu โalaihi wa sallam tidak mau menyentuh
Dhab.
Kholid bertanya, โApakah dhob itu haram, ya Rasulullah?โ.
Kita simak jawaban Nabi shallallahu โalaihi wa sallam,
ููุง ูููููููู ููู
ู ูููููู
ุจูุฃูุฑูุถู ููููู
ูู ููุฃูุฌูุฏูููู ุฃูุนูุงูููู
โTidak, namun dhob ini tidak ada di kampungku, sehingga
aku kurang berseleraโ.
Kata Kholid, โAkupun mengambilnya lalu menyantapnya, dan
Rasulullah shallalahu โalaihi wasallam hanya memandangkuโ (HR. Bukhari 5391)
Mungkin bagi orang biasa, dia bisa menjawab dengan
sedikit komentar miring, โSaya jijik..โ โSaya eneg..โ โHiiโฆ ngeriiโฆโ dstโฆ Namun
Nabi shallallahu โalaihi wa sallam tidak melakukannya.
Untuk bisa sama seperti beliau, memang tidak mungkin.
Namun setidaknya, kita bisa jadikan beliau sebagai standar akhlak yang terpuji.
Yang untuk bisa sampai pada tingkatan itu, kita butuh belajar.
Semoga Allah membimbing kita untuk bisa lebih mudah
mengikuti semua sunah beliau.
Allahu aโlam
Tulisan ini terinspirasi dari artikel Ustad Firanda
Andirja, M.A.
#Copas dari group WA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar